rumahminim

jasa desain rumahJASA DESAIN RUMAH - Harga MINIMAL hasil MAKSIMAL !!! Artikel Seputar Tips dan Desain Arsitektur Rumah Minimalis

Denah Rumah Minimalis

denah rumah minimalis
Denah Rumah Minimalis merupakan bagian terpenting dari desain keseluruhan sebuah rumah minimalis.
Sebuah garis atau bidang tidak berdiri sendiri, tapi berkaitan dengan garis dan bidang lainnya pada sebuah denah rumah.
Sebuah komposisi geometris pada sebuah denah rumah menyiratkan banyak hal.
Tidak hannya tersusun secara estetis tapi juga mempertimbangkan aspek teknis dan fungsional serta sosio-psikis. Kebutuhan penghuni sebagai pijakan utamanya dalam mendesain denah sebuah rumah.

Denah sebuah rumah minimalis tentunya berbeda dengan denah rumah klasik atau gaya lainnya.
Karakter utama dari denah rumah minimalis ini terletak pada efisiensi penataan dan penggunaan lahan serta kepraktisannya.
Betuk denah rumah minimalis cenderung geometris sederhana. Bentuk kotak sangat mendominasi. Garis-garis dinding yang lurus serta penggunaan kaca polos merupakan indentitas desain rumah minimalis.
Ruang-ruang pada denah rumah minimalis cenderung mengalir terbuka terhadap ruang luar.   

Berikut ini hal-hal yang dapat anda baca pada sebuah gambar denah rumah secara umum:

Hubungan Kegiatan Antar Ruang

Akan terlihat sebuah hubungan terkait antara ruang satu dengan ruang yang lainnya.
Misalnya bagaimana sebuah dapur berkaitan dengan ruang makan; Area jemur dengan area cuci; Ruang keluarga dengan ruang tidur.
Hubungan kegiatan ini mempengaruhi jarak antar ruang. Tentunya ruang-ruang yang memiliki kegiatan yang saling menunjang jaraknya akan bedekatan. Sedangkan yang tidak -diletakkan agak berjauhan.

Hirarki Ruang

Sebuah rumah tentunya terdiri dari banyak ruang-ruang. Tentunya satu atau beberapa ruang tersebut memiliki sifat ke-utama-an dibanding ruang yang lain. Ruang utama ini kemungkinan ditunjang oleh ruang lainnya.
Hirarki ke-utama-an inilah yang akan menetukan besaran dan posisi peletakan sebuah ruang dengan ruang penunjang lainnya. Misalnya penentuan letak di bagian depan atau belakang, atau seberapa besar ruang penunjang terhadap besaran ruang utama.
Hirarki ruang ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain : kebutuhan fungsi, filosofi, sosial budaya dll.

Karakter Ruang

Tiap ruang akan memiliki karakternya masing-masing. Karakter ruang ini biasanya ditentukan oleh jenis kegiatan yang ada di dalam ruang tersebut.
Misalnya ruang tamu akan berkaraker terbuka dan bekesan welcome terhadap tamu yang berkunjung.
Karakter terbuka ini terlihat dari besarnya bukaan pada pintu dan jendela ruang tamu.

Kondisi Fisik Ruang 

Pada gambar denah sebuah rumah tentunya memperlihatkan kondisi fisik ruang. Baik dari ukuran maupun material pembentuknya.
Misalnya ruang yang tersusun oleh material dinding bata, kayu, dll.
Material ini dinyatakan dalam bentuk simbol material, misalnya material kayu atau kaca masing-masing memiliki simbol yang berbeda.
Biasanya gambar denah rumah yang lengkap akan disertai ukuran-ukuran yang berskala.

Sirkulasi dan Pencapaian 

Sebuah rumah maupun ruang-ruang di dalamnya tentu butuh akses agar dapat dicapai atau dimasuki.
Sebuah gambar denah rumah akan memperlihatkan bagaimana sebuah ruang berhubungan dengan ruang lainnya. Tidak hanya berkaitan dengan penjalanan penghuni keluar-masuk ruang. Tapi juga pergerakan penghuni dalam sebuah kegiatan dalam satu ruang. Misalnya sirkulasi di dapur yang menentukan posisi kompor, cuci piring, kulkas, dll.

Secara lebih tajam & spesifik kasus per-kasus -bahasan di atas dapat anda temui pada beberapa artikel di bawah ini yang membahas Denah Rumah Minimalis beradasarkan proyek-proyek yang kami kerjakan, sbb:
Artikel lainnya »