KERET HOUSE | Rumah Minimalis Super Tipis


Keret House merupakan sebuah rumah desain arsitek Jakup Szczesny yang berkebangsaan Polandia. Rumah ini berlokasi di distrik Wola  kota Warsawa - Polandia.
Uniknya rumah ini dibangun dan diselipkan di antara 2 buah bangunan yang tinggi berlantai banyak.
Kedua banguanan tersebut menyisakan ruang tipis-sempit memanjang dengan ukuran lebar terpanjang 152 cm dan terpendeknya hanya 92 cm.

Kedua bangunan yang mengapit Keret House dibangun dan mewakili 2 jaman yang berbeda. Salah satunya dibangun menggunakan struktur material bata merah, dan bangunan lainnya yang lebih baru dibangun menggunakan struktur beton.

Sementara Keret House hadir mewakili jaman yang lebih baru dengan menggunakan teknologi, struktur dan material yang mewakili kekinian.
Mungkin eksistensi Keret House bukan menjadi jembatan penghubung bagi 2 era berbeda dari bangunan yang mengapitnya.
Tapi ansich hadir mewakili era-nya sendiri, atau bahkan merupakan representasi kekinian dari kota Warsawa.
Keret House - Desain Rumah Minimalis Sempit
Dari foto di atas sekilas dari salah satu sisi tidak tampak seperti sebuah rumah hunian yang mengisi celah tersebut. Celah hanya tertutup oleh lembaran metal berpori (perforated sheet) yang mengundang keingintahuan orang-orang yang lalu lalang di jalan tersebut.
Sedangkan pintu masuk berada diposisi sebaliknya. Akses pintu masuk dari Keret House dengan konsep rumah panggung berlantai 2 ini hanya berupa tangga yang secara mekanis dapat dinaik-turunkan.

Struktur Keret House bersifat temporer dengan menggunakan sistim struktur rangka baja. Yang proses pembuatan serta perakitannya dilakukan di bengkel dan dimobilisasi menggunakan alat berat untuk diletakkan di lahan.
Keret House - Struktur Baja
Sebenarnya Keret House ini didesain dan dibangun sebagai sebuah karya seni rupa instalasi.
Tapi walaupun demikian dapat dijadikan sebagai hunian juga, karena dilengkapi dengan tempat tidur dan meja-kursi kerja pada lantai 2.
Sedangkan kamar mandi, kulkas, serta meja catur tempat menerima tamu pada lantai 1.
Sepertinya cukup layak dijadikan sebagai tempat tinggal bagi seorang lajang yang hidup sendiri.
Interior Rumah Minimalis - Keret House
Sang arsiteknya sendiri tidak menyebut-nyebut konsep desain rumah minimalis dalam proses perancangannya. Tapi hasil akhir dari desain Keret House ini memiliki karakter bangunan dengan konsep minimalis. Baik dari penampilan luarnya yang cenderung polos dan datar tanpa ornamen; Maupun strukturnya yang sederhana, ringan dan mudah untuk dibongkan-pasang.
Penyusunan ruang-ruang cukup baik dengan mengoptimalkan keterbatasan ruang yang ada.

Artikel terkait :

Ruang-ruang dinaungi oleh atap miring dengan sudut yang mengikuti kemiringan tangga. Yang juga merupakan karakter dari arsitektur fungsionalis, yaitu bentuk bangunan yang mengikuti fungsi didalamnya (form follow function).

Jadi bagi anda pembaca dan Rumah Minimalis Lover yang memiliki lahan sempit tidak perlu berkecil hati ataupun minder. Karena leluhur bangsa Indonesia mempunyai jargon yang masih berlaku sampai sekarang yaitu...

DI DALAM KESEMPITAN SELALU ADA KESEMPATAN !


Photographs courtesy of www.kerethouse.com
.