Denah Rumah Minimalis Type 36

Seseorang klien ingin merenovasi rumah yang telah ditinggalinya selama 2 tahun. Sebuah rumah type 36 disebuah perumahan di kab. Bogor. Karena anggarannya terbatas sehingga ia hanya menginginkan sedikit perluasan untuk dapur serta penambahan dak beton lantai 2 sebagai area cuci-jemur pakaian. Hasilnya berupa desain perluasan denah rumah minimalis type 36 di bawah ini.
Halaman depan (no.1) diberi perkerasan berupa grassblock yang nantinya dapat diletakkan meja-kursi lipat yang dapat dipindahkan setiap menerima kedatangan tamu. Area ini dapat diberi naungan atap berupa pergola kayu (no.12) yang dapat dirambati oleh tanaman. Bagian depan ini delengkapi dengan bak sampah (no. 2).
Penggunaan tv plasma (no.4) hemat energi yang menempel di dinding (tanpa meja) akan membuat r. duduk terlihat lebih lega. Perlengkapan audio visual lainnya berupa DVD player dll. diletakkan pada lemari built-in (no.3).
Peletakan meja makan berkapasitas 4 kursi (no.3) yang menempel pada dinding agar mengurangi pemborosan area sirkulasi bila meja makan tsb. diletakkan di tengah.
Ruang tidur yang hanya berukuran 3x2,8 m (no.5) & 2,7x3 m (no.8) di desain se-efisien mungkin dengan penambahan laci-laci di bawah tempat tidur untuk menyimpan barang-barang. Nantinya bila sang pemilik memiliki uang cukup -r.tidur paling depan akan dibongkar untuk difungsikan sebagai carport, dan r.tidur tersebut akan dipindahan ke lantai 2 .
Kamar mandi menggunakan shower (no.7) tanpa bak mandi, karena penggunaan shower lebih menghemat air dibandingan mandi cibang-cibung memakai gayung plus bak mandi. Penghematan air tentunya merupakan penghematan listrik.
Area belakang (no.10) merupakan area bukan untuk sirkulasi cahaya dan udara. Area ini tertutup pada bagian atas menggunakan teralis besi dan fiberglass yang dapat dibuka-tutup -demi keamanan terhadap ancaman pencuri atau saat hujan (no.15). Terdapat dengan lemari kecil (no.9)untuk menyimpan barang-barang, serta tangga monyet (no.11) untuk menuju ke lantai 2 yang merupakan area cuci-jemur pakain serta tangki air (no.14).


Pada bagian depan dibangun kanopi beton (no.13) sepanjang dinding fasade depan agar rumah lebih berkesan modern.
Untuk desain ini  rumah minimalis™ mendepankan fungsi serta efisiensi, karena luasan rumah serta lahan yang sangat sempit.... "memaksimalkan yang minimal" merupakan kunci jawaban bagi desain rumah ini.